ANGKASA FUTSAL COMPETITION (AFC) 2023 COME BACK! SPECIAL EVENT PPDB SMP ANGKASA ADISUTJIPTO

Angkasa Futsal Competition (AFC) merupakan rangkaian kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023/2024 yang berupaya mewadahi para peserta didik khususnya jenjang SD/MI/Sederajat. Kompetisi ini bertujuan untuk melatih jiwa suportivitas peserta didik. Selain itu AFC ada untuk menjalin silahturahmi dan persahabatan, menunjukkan kepedulian terhadap kesehatan jasmani maupun rohani, serta menyalurkan potensi sehingga dapat berprestasi. Kompetisi ini pertama kali hadir pada tahun 2020, dimana saat itu permainan futsal sedang marak digemari oleh masyarakat luas tak terkecuali para remaja dan anak-anak. Kini AFC kembali hadir di tahun 2023 setelah kurang lebih 3 tahun vakum dikarenakan adanya pandemi Covid-19.

Kegiatan AFC 2023 dilaksanakan pada Sabtu, 25 Februari 2023 di Lapangan Weever Blok F Lanud Adisutjipto. Kompetisi ini diikuti oleh 11 tim yang berasal dari SD/MI di wilayah sekitar di antaranya SD N Kotagede 1, SD Muh. Sapen, MI Baiquniyah, SDIT Salsabilah 4 Jetis, SD N Adisucipto 1, SD N Ambarukmo, SDIT LHI, SD Muh. Pajangan II, SD N Adisucipto 2 dan SD Muh. Purbayan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan sistem gugur dimana pertandingan berlangsung dalam waktu 2 x 8 menit pada babak awal dan semifinal. Pada babak final sendiri, waktu dalam pertandingan yakni 2 x 12 menit.

Kompetisi dimulai pada pukul 07.00 yang diawali dengan upacara pembukaan kemudian dilanjutkan dengan tendangan pembuka dan jabat tangan antar pemain sebagai bentuk sportivitas. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pertandingan babak pertama. Pada babak ini berjalan dengan lancar dan meriah. Hal ini terlihat dari semangat para pemain yang berlomba-lomba mencetak gol sebanyak-banyaknya agar dapat lolos ke babak berikutnya. Dukungan dari para supporter juga turut memeriahkan pertandingan ini. Sorak-sorai mereka dalam menyuarakan yel-yel menambah semangat para pemain yang sedang bertanding di tengah lapangan.

Pada babak pertama diperoleh tim yang berhasil lolos ke babak semifinal yaitu tim SDIT LHI vs SD Muh Sapen serta SD N Adisucipto 1 vs SD N Adisucipto 2. Pertandingan pada babak ini berlangsung kurang lebih selama 1 jam. Cuaca yang panas saat itu tak menyurutkan semangat mereka dalam bertanding untuk merebut gelar juara. Pada babak ini diperoleh 2 tim yang berhasil melaju ke babak final yaitu tim SD Muh. Sapen dan tim SD N Adisucipto 1. Pada babak ini kedua tim bertanding secara maksimal. Mereka saling bersaing menampilkan permainan yang terbaik untuk merebut gelar juara. Persaingan antar kedua tim pun sangat ketat. Hal ini terlihat dari skor yang diperoleh kedua tim yang saling berkejar-kejaran.

Persaingan pada kegiatan ini pun juga tak hanya terlihat dari para tim yang saling beradu mencetak gol tetapi juga para supporter mereka. Semangat dari para supporter juga semakin menambah kemeriahan jalannya pertandingan. Pada akhir pertandingan, SD N Adisucipto 1 harus mengakui kegigihan dari lawan mainnya yakni SD Muhamadiyah Sapen. Tak hanya juara tim, SD Muhammadiyah Sapen juga berhasil merebut juara top score. Sedangkan, juara best supporter berhasil direbut oleh SD N Adisucipto 1.

Penulis : Agtrisia Widya Putri, S.Psi.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *